Kalimat Terlarang Saat Bertemu Klien Baru!

Astaga!Karir
“Saya tidak tahu”
Jangan sekalipun mengucapkan kalimat ini untuk menjawab pertanyaan klien sehubungan dengan bisnis Anda. Kalau memang Anda tidak tahu, cobalah untuk mencari tahu. Dan jika Anda belum menemukan jawabannya, lebih baik Anda ucapkan, “Itu pertanyaan bagus, saya akan mendiskusikan pertanyaan Anda pada rekan-rekan.”

“Anda harus..”
Ucapan “Anda harus menggunakan produk kami…” terkesan memaksa dan tidak etis. Lebih baik gunakan kalimat ni, “Anda membutuhkan produk kami..” atau “Kami bisa membantu masalah Anda dengan produk kami..”

“Kami tidak bisa memenuhi permintaan Anda”
Kalimat tersebut membuat klien Anda mengerutkan kening dan berpikir untuk tidak melanjutkan hubungan bisnis dengan Anda. Lagipula kalimat itu mengesankan Anda pasrah dan tidak berniat memuaskan klien. Lebih baik Anda mengatakan, “Walaupun itu hal yang cukup sulit, tapi kami akan berusaha untuk memenuhi permintaan Anda. Untuk itu akan kami bicarakan lebih lanjut dengan yang lain.”

“Tunggu sebentar, saya akan segera kembali”
Jika Anda mengucapkan kalimat ini untuk mencari jawaban atas pertanyaan klien kemudian menghilang, Anda telah bersikap tidak ‘fair’ pada klien. Lebih baik Anda katakan, “Saya membutuhkan waktu tiga sampai lima menit untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Apakah Anda bersedia menunggu sampai saya mendapatkannya..?”

Kesimpulannya, Anda harus selektif dalam memilih kata-kata dan kalimat yang akan anda lontarkan pada klien. Salah sedikit saja, klien akan menghilang dan berarti anda gagal menjaring relasi baru. Anda nggak mau kan mengalaminya…? So, hati-hatilah..!

Pos ini dipublikasikan di google, tips dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar