Kiat Mudah Mempercayai Orang Lain

Astaga!Karir – Kepercayaan memang merupakan faktor penting dalam membina hubungan profesionalisme di dunia kerja. Selain Anda harus dipercaya, Anda pun harus mempercayai rekan-rekan kerja. Apalagi jika posisi Anda di level koordinator ataupun manager. Anda dituntut untuk mempercayai staf dan bawahan Anda.

Tapi memang mempercayai orang lain tidaklah gampang. Bagaimana tidak? Percaya pada diri sendiri pun masih tergolong sulit, apalagi percaya pada orang lain. Jika Anda tidakmempercayai rekan kerja atau anak buah sulit terjalin kerja sama yang solid.

Seorang pakar karir John C. Maxwell mengatakan bahwa orang lain mungkin berhasil atau gagal untuk memenuhi harapan Anda pada mereka. Jika Anda menunjukkan sikap keraguan kepada orang lain, mereka akan membalas kurangnya kepercayaan Anda dengan sikap sedang-sedang saja. Akan tetapi, jika Anda percaya pada mereka dan mengharap mereka bekerja dengan baik, mereka akan menjalani pekerjaan ekstra dan mengerahkan seluruh potensinya.

So, jika Anda tidak pernah mempercayai orang lain, ubahlah cara berpikir Anda dan mulailah percaya pada orang lain. Hidup Anda akan lebih baik. Kepercayaan Anda merupakan hadiah yang luar biasa. Jika Anda memberikan uang pada orang lain, maka uang itu habis dibelanjakan. Berikan sumber daya pada orang lain, maka sumber daya itu akan dimanfaatkan sepenuhnya.

Namun berikanlah kepercayaan Anda, mereka akan yakin, bersemangat, dan percaya diri. Mereka akan termotivasi untuk berkarya lebih baik lagi. Nah, akhirnya bagaimana menjadi orang yang percaya pada orang lain? Berikut Anda simak kiat berikut:

Percayalah kepada mereka sebelum berhasil
Setiap orang memiliki potensi tersendiri di dalam dirinya, walaupun potensi itu mungkin masih tersembunyi. Setiap kali Anda percaya pada mereka, Anda telah menggali potensi tersebut dan memberi kesempatan untuk berkembang. Kepercayaan Anda merupakan dorongan agar setiap orang berkembang pada waktunya.

Teguhkan kekuatan mereka
Cara terbaik untuk memperlihatkan kepercayaan dan memotivasi orang adalah dengan memusatkan perhatian Anda pada kekuatan mereka. Dengan demikian Anda membantu mereka percaya bahwa mereka memiliki apa yang mereka perlukan untuk berhasil.

Jangan lupakan kesuksesan mereka di masa lalu
Agar Anda lebih mempercayai mereka, ingatlah kesuksesan mereka di masa lalu. Keberhasilan mereka di masa lalu paling tidak, dapat memuluskan kesuksesan mereka di masa depan.

Tanamkan kepercayaan ketika mereka gagal
Meskipun mereka mengalami kegagalan hendaknya kepercayaan Anda pada mereka jangan berkuang. Bukankah kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Tunjukkan bahwa sukses adalah suatu perjalanan, suatu proses, bukan sekedar tujuan.

Rasakanlah kemenangan bersama-sama
Setiap mereka meraih keberhasilan, cobalah rasakan bersama-sama. Yakinkan bahwa mereka sedang berada dalam kemenangan. Hal ini dapat memotivasi Anda dan mereka agar meraih kemenangan yang lebih besar.

Gambarkan sukses masa depan mereka
Anda perlu menggambarkan bagaimana visi dan bentuk sukses masa depan mereka. Hal ini akan membangun, memotivasi mereka untuk terus maju. Sehingga mereka tidak akan berhenti pada satu kesuksesan, melainkan terus mencari kesuksesan yang lebih baik.

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Sudahkah Anda mempercayai orang lain? Bila belum, tips di atas boleh Anda coba. Yakin deh jika Anda menaruh kepercayaan penuh pada mereka, mereka pun akan mempercayai Anda. Sehingga kesuksesan yang didambakan akan diraih bersama. Good luck…!

Pos ini dipublikasikan di google, tips dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s